News Update

Mobil Listrik Honda N-Van Lebih Murah dari Wuling Air EV

Honda mengumumkan rencana peluncuran mobil listrik N-Van pada 2024 di Jepang. Peluncuran N-Van ini bagian dari rencana Honda meluncurkan 30 jenis mobil listrik pada 2030.
Mengutip keterangan resmi Honda, N-Van memiliki jarak tempuh 200 km dalam sekali pengisian daya dan diklaim cocok dipakai di perkotaan.

“Honda N-Van EV ini dapat menyesuaikan fleksibilitas dan gaya hidup dari konsumennya seperti berbelanja, pergi bekerja hingga melakukan hobi,” tulis pernyataan resmi Honda, sebagaimana dikutip Selasa (3/1).

N-Van konvensional sebetulnya sudah diluncurkan pada 2018 di Jepang. Menurut Honda sejak diluncurkan, mobil ini mendapat sambutan positif dari konsumen Jepang dan menjadi salah satu minicar terlaris.

Honda N-Van merupakan salah satu model dari Honda N Series yang terdiri dari N-One, N-Box dan N-WGN. Di pasar Jepang, mobil berukuran ringkas atau Kei Car menjadi salah satu pilihan mobil paling realistis untuk menunjang mobilitas masyarakat serta digunakan sebagai kendaraan niaga.

Meski kecil, ruang bagasi N-Van mudah digunakan karena Honda meniadakan pilar tengah di sisi penumpang yang memungkinkan bukaan besar di sisi penumpang depan kendaraan.

Melalui bukaan besar di samping dan bukaan pintu belakang yang besar, bongkar muat menjadi efisien. Honda N-Van memiliki panjang 3.395 mm, memiliki lebar 1.475 mm dan tinggi 1.950 mm.

Semua tipe N-Van telah dilengkapi fitur keselamatan Honda Sensing. Honda N-Van juga memiliki struktur door-in-pillar yang berfungsi sebagai pilar tengah saat pintu ditutup sehingga menghasilkan kinerja keselamatan pasif yang setara dengan konstruksi bodi dengan pilar.

Berbagai teknologi keselamatan ini memberi rasa aman kepada pengemudi saat melakukan aktivitas.

Mobil ini bakal dijual dengan bandrol 1 juta yen (Rp113 juta) atau lebih murah dari harga Wuling Air EV yang dijual di atas Rp200 juta di Indonesia.

N-Van Electric dibangun menggunakan basis konvensional Kei Car bermesin bensin dari Honda yang lahir sejak 2018 di Jepang.

Pada versi Internal Combustion Engine (ICE), N-Van dibekali mesin tak sampai 1.000 cc tiga silinder dijejali turbo yang mampu melepaskan tenaga 64 hp dan torsi 104 Nm.

Mesin ini dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni girboks manual dan CVT, sedangkan penggeraknya yaitu tersedia penggerak roda depan dan all wheel drive.

Sementara varian listrik, spesifikasi rinci belum diungkap namun perusahaan menyebutkan jika mobil ini akan memiliki kemampuan daya jelajah sejauh 124 mil atau 200 kilometer sehingga karakternya memadai untuk penggunaan dalam kota.

Source: CNN

Write your comment Here