Pahami Penyebab Air Keluar Dari Knalpot Mobil


Pahami Penyebab Air Keluar Dari Knalpot Mobil

Air yang keluar dari knalpot saat mesin pertama kali dinyalakan pagi hari bukan disebabkan ada kebocoran dari mesin, tetapi adanya penguapan karena mobil tidak dinyalakan dalam waktu yang lama. Maka itu pahami penyebab air keluar dari knalpot mobil.

Knalpot keluar air itu wajar, dan artinya mesin telah bekerja dengan baik, adanya proses penguapan atau kondensasi di dalam mobil, proses kondensasi terjadi didalam pipa knalpot karena materialnya yang terbuat dari besi, saat kondisi knalpot dingin, pembakaran mesin akan menyebabkan knalpot mengeluarkan embun.

Jika knalpot sudah panas, air akan keluar dikarenakan proses penguapan dari mesin ke knalpot, pembakaran yang sempurna. Bensin pada mobil mengandung senyawa karbon (C), hidrogen (H), dan udara (O2) pada ruang mesin, ketiga unsur tersebut akan menghasilkan air. Maka, embun yang mengendap di pipa mobil akan terkena dorongan hawa panas dari pembakaran mesin, saat itu juga cairan embun keluar dari lubang pipa. Hal tersebut akan sering kita jumpai pada saat cuaca dingin.

Jika anda melihat cipratan air keluar dari knalpot anda saat mesin dinyalakan, jangan langsung mematikan mesin terlebih dahulu, melainkan biarkan pembakaran mesin itu terjadi sampai air mengering dari dalam knalpot anda, ini adalah salah satu cara anda untuk merawat knalpot, jika dari knalpot mengeluarkan air, biarkan mesin tetap menyala, agar bagian dalam pipa knalpot mengering dengan sendirinya, hal ini akan membuat pipa knalpot awet dan mencegah keropos.

Tekno Body Repair dapat melayani keluhan yang pelanggan kami miliki, selain itu kami memiliki fasilitas serta layanan yang dapat dinikmati oleh pelanggan kami, baik pelanggan umum ataupun yang menggunakan asuransi. Ketika pelanggan khawatir dengan kerusakan dikarenakan air yang keluar dari knalpot sebelum itu pahami penyebab air keluar dari knalpot mobil, sehingga pelanggan tidak merasakan kekhawatiran mengenai kejadian ini.

-W

Write your comment Here