News Update

Pilih Klakson atau Kasih Lampu, Saat Berkomunikasi di Jalan?

Komunikasi antar sesama pengendara menjadi hal yang penting dilakukan di jalan raya. Hal ini dibutuhkan untuk menghindari risiko, seperti kecelakaan dan lainnya. Tiap kendaraan memiliki alat komunikasi, yakni klakson sebagai kode suara, serta lampu seperti sein dan high beam (lampu jauh) untuk kode visual. Karena itu, pengendara mobil dan sepeda motor wajib memperhatikan fungsinya. Namun banyak pertanyaan, mana yang paling tepat digunakan dari kedua alat komunikasi tersebut? Menjawab hal ini, Jusri Pulubuhu, Training Director sekaligus founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, lampu jauh dan klakson saling melengkapi satu sama lain.

Baca juga: Penasaran Dengan Bengkel Tekno? Cek Video Tur Bengkel Tekno.

Bunyi klakson memberikan peringatan kendaran lain agar lebih hati-hati. Lampu jauh bisa jadi kode meminta izin menyalip atau pindah jalur. 

“Kedipan lampu jauh atau dim jadi isyarat meminta izin untuk mendahului. Beda kalau klakson, biasanya digunakan memperingatkan kendaraan yang ada disekitar agar tidak asal potong jalan atau berkendara ngawur,” kata Jusri, dihubungi Kompas.com, Selasa (2/8/2022).  Perlu digaris bawahi, penggunaan klakson maupun lampu jauh tak boleh berlebihan, karena bia menggangu konsentrasi dan fokus pengguna jalan lain.  Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, komunikasi bahasa isyarat ada aturannya.  Berkomunikasi di jalan raya tergantung dari apa kepentingannya, kapan waktunya, dan dengan siapa ditujukannya.

Baca juga: Periksa Sistem Mesin ke Tekno Cuma SERATUS RIBUAN!

“Kalau malam hari lebih efektif menggunakan lampu. Sedangkan kalau siang hari, gunakan lampu atau klakson tergantung dari kepentingannya,” ucap Sony.

Salah satunya, bunyi klakson bisa digunakan memberikan tanda isyarat kepada kendaraan besar yang belum tentu melihat kode komunikasi dengan lampu jauh.  “Jika akan menyalip sebuah truk atau kendaraan besar, banyak area blindspot yang berbahaya. Meski sudah memberikan isyarat lampu dim, bunyi klakson bisa digunakan untuk tanda ada kendaraan akan mendahului,” tambahnya. 

Nah gimana, kamu geng klakson apa lampu nih? 

Sumber: kompas.com

Baca Artikel lain di aplikasi eTekno Ada Point berhadiah lho! Download Segera

IOS: KLIK DISINI

ANDROID: KLIK DISINI

Write your comment Here