News Update

Awas! Begini Jadinya Jika Belum Ganti Oli Setelah 60.000 Kilometer


Setiap kendaraan bermotor perlu dilakukan servis rutin. Dalam servis rutin itu, hal yang dilakukan adalah mengganti oli. Bagaimana jika oli mesin tak pernah diganti?
Sebagian besar produsen mobil menyarankan interval penggantian oli 6 bulan sekali atau tiap kilometer tertentu. Tapi, masih ada pemilik kendaraan yang mengabaikan rekomendasi pabrikan itu.

Dalam video yang viral di TikTok baru-baru ini diperlihatkan kondisi mesin mobil yang olinya enggak pernah diganti. Kondisi oli sampai mengental

Pemilik mobil Seat Leon 1.8 TSI datang ke bengkel dengan lampu check engine yang menyala. Terungkap bahwa pemilik mobil tidak pernah ganti oli selama 60.000 km.

Terlihat oli mesin sudah mengental. Oli jenis ini kemungkinan telah menyebabkan kerusakan pada mesin empat silinder 1.8 liter turbocharged pada mobil Seat Leon 1.8 TSI.

Mobil malang itu mencoba memperingatkan pengemudi dengan lampu check engine. Lampu peringatan itu mengirimkan kesalahan karena tidak berfungsinya variator camshaft. Namun, pemilik mobil tampaknya mengabaikan hal itu.

Video tersebut awalnya diposting oleh pengguna TikTok @cundo110dan disertakan dalam kompilasi yang diupload di YouTube oleh channelJust Rolled In. Ternyata, peristiwa serupa tak hanya terjadi sekali.

Kompilasi video menunjukkan pemilik kendaraan yang abai. Ada juga mobil Ford Mustang Shelby GT500 yang datang ke bengkel untuk penggantian kopling, tapi mekanik menyadari bahwa oli belum diganti selama 75.000 km.

Umumnya anjuran dari pabrikan mobil sekarang ini, untuk interval penggantian oli mobil sebaiknya setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, dengan ketentuan mana yang tercapai lebih dulu.

Tapi, ternyata tidak hanya hanya faktor waktu dan jarak tempuh yang menjadi patokan untuk mengganti oli mobil. Anda wajib juga memperhatikan kondisi jalanan yang sering dilalui, karena pemakaian mobil di area yang sering macet tentunya akan berbeda dengan mobil yang jarang terjebak kemacetan.

Jika penggantian oli telat atau bahkan tak pernah diganti, volume oli akan menyusut dan kualitasnya menurun. Kalau sudah begitu, potensi mesin jebol pun tak terhindarkan.

Source: OTO Detik

Write your comment Here